Sosmed dan Youtube Sebagai Pendukung Pemasaran Online

A. Facebook Marketing

Dalam sosial media kita mengenal apa yang namanya facebook. Facebook adalah  sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar mereka. Selain itu disini facebook juga merupakan salah satu jembatan untuk membantu mengembangkan bisnis, hal mendasar ini akan menyiapkan keberhasilan Anda. Anda juga dapat memfokuskan aktivitas di Facebook untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Ada beberapa cara untuk menggunakan facebook dalam bidang marketing, Di antaranya adalah :

1. Periapkan halaman

Saat menyiapkan halaman, Anda dapat meminta alamat web seperti “facebook.com/yourgreatcompany,” yang menjadikannya mudah ditemukan. Untuk memaksimalkan dampaknya, sertakan alamat ini di kartu bisnis, situs web, dan materi marketing lainnya.
Yang perlu diingat adalah: Halaman Anda merupakan perpanjangan bisnis Anda. Halaman merupakan cara mudah untuk membagikan pembaruan dan hal lain dengan orang yang paling penting. Halaman siap membantu Anda berinteraksi dengan pelanggan di desktop dan seluler.

2. Identifikasi pemirsa/pembaca Anda

Pikirkan orang yang ingin Anda temui, dan perkenalkan diri Anda,anda tidak hanya dapat menjangkau lebih banyak orang melalui Facebook, Anda juga dapat menjangkau orang tertentu yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan Anda.

Untuk membantu Anda agar terhubung, pertimbangkan:
·Apa persamaan pelanggan ideal Anda?
·Berapa umurnya, dan di mana mereka tinggal?
·Bagaimana cara bisnis Anda dapat membantu mereka?
Ingat: ini bukan tentang jumlah suka. Sangat penting untuk benar-benar terhubung dengan orang yang berinteraksi dengan Anda di Facebook. Jika Anda melakukannya, mereka akan membantu mengisahkan cerita Anda.

3. Buat konten yang memikat

Saat Anda mengirim pembaruan, foto, dan lainnya, pikirkan tentang apa yang dianggap menarik dan menginspirasi bagi pelanggan Anda. Bereksperimen dengan berbagai jenis kiriman. Apakah pemirsa Anda menyukai foto atau lebih suka ketika Anda membagikan tautan yang bermanfaat? Anda akan mengetahui secara cepat dengan melihat Wawasan Halaman Facebook Anda.

Ingat: Kunci keberhasilannya adalah dengan membuat kiriman Halaman dan iklan yang menarik dan bernilai bagi pelanggan—serta menargetkan pesan Anda sehingga orang yang tepat akan melihatnya.

4. Beriklan

Anda dapat menggunakan Iklan Facebook untuk meningkatkan kesadaran, tetap terhubung, dan mendorong penjualan. Promosikan kiriman Anda sehingga lebih banyak orang akan melihatnya, atau buat iklan bertarget untuk berbagai pemirsa berdasarkan lokasi, minat dan lainnya. Anda dapat menetapkan anggaran dan mengukur hasil dari setiap iklan.

5. Ukur dan sesuaikan

Temukan apa yang berfungsi dengan baik, sehingga Anda dapat memaksimalkan dampak setiap kiriman dan iklan Facebook memiliki beragam alat untuk membantu mengukur cara Anda bertindak.
Ingat: marketing bisnis Anda adalah segala hal yang dapat membantu mencapai tujuan Anda.

B. Youtube Marketing

YouTube menjadi salah satu media promosi yang harus diperhitungkan oleh para pebisnis. Lalu kenapa para entrepreneur harus mulai menggunakan YouTube dalam hal marketing atau pemasarannya.

1. Efektif Untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Dengan jumlah pengguna yang kini telah mencapai 1 miliar lebih membuat YouTube menjadi salah satu sarana yang efektif menjaring lebih banyak calon konsumen bagi sebuah bisnis. Apalagi dengan konten video yang memang identik dengan YouTube ini, maka pesan yang Anda inginkan bisa lebih tersampaikan dengan baik dan menarik.

Untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga harus memastikan bahwa judul yang Anda pilih unik dan dioptimalkan sesuai keyword potensial yang paling mungkin diketikkan dalam sebuah pencarian. Sertakan juga link yang mengarah ke situs web atau blog Anda agar Anda mendapatkan trafik darinya.

2. Dapat Memaksimalkan SEO Website

Hal berikutnya yang membuat Youtube harus menjadi pilihan dalam pemasaran bisnis Anda adalah dampaknya pada #SEO (Search Engine Optimization) website bisnis Anda. Dengan kombinasi konten website dan channel Youtube yang Anda miliki, potensi besar Anda terlihat pada halaman teratas pencarian Google pun akan semakin terbuka lebar. Dengan menjadi yang teratas dalam pencarian Google, tentunya Anda akan semakin berpeluang untuk menjaring lebih banyak konsumen dan pelanggan bagi bisnis Anda.

3. Adanya YouTube Partner Program

Terakhir, hal yang membuat YouTube harus menjadi pilihan dalam teknik pemasaran Anda adalah adanya program partner dari YouTube. YouTube memang telah resmi melaunching proram partner atau kemitraan bagi siapapun dari penggunanya untuk bisa menghasilkan uang.





Di atas adalah beberapa dokumentasi yang di ambil sewaktu berjalan dalam seminar 
Previous
Next Post »