Marketing adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen. Marketing sendiri terbagi dan dibedakan menjadi dua yaitu :
1. Marketing Online
adalah proses pemasaran, medianya melalui jaringan internet.
Menawarkan melalui sosial media seperti web iklan, facebook iklan, youtube iklan dll.
2. Marketing Offline
adalah proses pemasaran secara tradisional.
Menawarkan dari berbagai media cetak dll. seperti spanduk, brosur, dan banner.
Marketing yang efektif saat ini adalah menggunakan media internet dikarenakan :
a. Biaya murah
b. Jaringan lebih luas
c. Buka 24 jam
Pengaruh Perkembangan Teknologi Internet
Suatu perkembangan teknologi dapat memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Namun, di sisi lain juga memiliki dampak dalam kehidupan manusia. Terutama kaitannya di bidang pemasaran yang terjadi dalam proses jual beli di suatu perusahaan atau badan usaha untuk mempromosikan produknya. Dampak dari teknologi di bidang pemasaran dapat berupa dampak positif atau yang membawa kemajuan, tetapi juga dapat berupa dampak negatif atau yang membuat kemunduran.
Salah satu dampak positif dari teknologi dalam kehidupan manusia, terutama di bidang pemasaran yakni adalah proses penyampaian informasi secara cepat. Jika zaman dulu, dalam memasarkan produk harus menunggu beberapa minggu atau beberapa bulan baru tersampaikan. Tetapi, pada zaman sekarang ini, dengan kemajuan teknologi informasi para penjual maupun pembeli tidak perlu menunggu lama-lama untuk dapat melihat produk. Karena dapat diakses melalui sebuah jaringan internet maupun situs – situs terkait.
Dampak negatif atau dampak yang kurang baik bagi teknologi dibidang pemasaran salah satunya adalah adanya kesenjangan sosial. Dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksamaan pemerataan peranan teknologi sangat besar, karena perkembangan teknologi berkaitan erat dengan stratifikasi sosial. Dalam hal ini surplus ekonomi dalam kaitannya dengan pemasaran dianggap berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian maka, penetapan teknologi rendah maupun teknologi tinggi sangat berdampak terhadap kesenjangan sosial.
Selain Marketing dikenal juga ada SEO
SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Seo ada dua yaitu Seo Organik dan Seo Non organik. Organik dan non-organik tak hanya bisa Anda temui di supermarket, tetapi juga di dunia digital. Bagi mereka yang ingin meningkatkan bisnis online atau memiliki website, maka pasti mengerti akan istilah SEO (search engine optimization). SEO merupakan sebuah strategi yang menggunakan metode untuk meningkatkan frekuensi sebuah website di mesin pencari, seperti Google. Tujuannya adalah untuk meningkatkan volume traffic ke situs Anda. Di SEO ada dua metode populer, yaitu SEO organik dan non-organik.
1. SEO Organik, biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengekseksinya, namun menghasilkan dampak dalam jangka panjang. SEO organik bekerja degan fokus pada pembuatan konten, membangun link, optimaasi meta-tag hingga peningkatan keyword. SEO Organik cenderung dapat menarik 80 persen traffic. Biaya untuk menggunakan strategi ini juga cenderung lebih murah.
2. Sedangkan SEO Non-organik dapat menghasilkan hasil yang lebih cepat dibandingkan SEO organik, namun efeknya kurang efektif dalam jangka panjang. SEO non-organik bekerja dengan cara melibatkan iklan berbayar di mesin pencarian, seperti PPC (pay per click).
Bagi seorang blogger atau pemilik website, trafik pengunjung yang datang menjadi sesuatu yang penting. Inilah salah satu tugas dari seorang jasa SEO atau pun sebuah perusahaan digital agency. Digital agency bisa menerapkan teknik-teknik SEO sesuai keinginan klien dan menjelaskan manfaat dari setiap strategi tersebut. Pada gilirannya, website atau blog klien bisa mengalami peningkatan traffic dan menaikkan tingkat pendapatan penjualan.
1. Marketing Online
adalah proses pemasaran, medianya melalui jaringan internet.
Menawarkan melalui sosial media seperti web iklan, facebook iklan, youtube iklan dll.
2. Marketing Offline
adalah proses pemasaran secara tradisional.
Menawarkan dari berbagai media cetak dll. seperti spanduk, brosur, dan banner.
Marketing yang efektif saat ini adalah menggunakan media internet dikarenakan :
a. Biaya murah
b. Jaringan lebih luas
c. Buka 24 jam
Pengaruh Perkembangan Teknologi Internet
Suatu perkembangan teknologi dapat memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Namun, di sisi lain juga memiliki dampak dalam kehidupan manusia. Terutama kaitannya di bidang pemasaran yang terjadi dalam proses jual beli di suatu perusahaan atau badan usaha untuk mempromosikan produknya. Dampak dari teknologi di bidang pemasaran dapat berupa dampak positif atau yang membawa kemajuan, tetapi juga dapat berupa dampak negatif atau yang membuat kemunduran.
Salah satu dampak positif dari teknologi dalam kehidupan manusia, terutama di bidang pemasaran yakni adalah proses penyampaian informasi secara cepat. Jika zaman dulu, dalam memasarkan produk harus menunggu beberapa minggu atau beberapa bulan baru tersampaikan. Tetapi, pada zaman sekarang ini, dengan kemajuan teknologi informasi para penjual maupun pembeli tidak perlu menunggu lama-lama untuk dapat melihat produk. Karena dapat diakses melalui sebuah jaringan internet maupun situs – situs terkait.
Dampak negatif atau dampak yang kurang baik bagi teknologi dibidang pemasaran salah satunya adalah adanya kesenjangan sosial. Dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksamaan pemerataan peranan teknologi sangat besar, karena perkembangan teknologi berkaitan erat dengan stratifikasi sosial. Dalam hal ini surplus ekonomi dalam kaitannya dengan pemasaran dianggap berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian maka, penetapan teknologi rendah maupun teknologi tinggi sangat berdampak terhadap kesenjangan sosial.
Selain Marketing dikenal juga ada SEO
SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Seo ada dua yaitu Seo Organik dan Seo Non organik. Organik dan non-organik tak hanya bisa Anda temui di supermarket, tetapi juga di dunia digital. Bagi mereka yang ingin meningkatkan bisnis online atau memiliki website, maka pasti mengerti akan istilah SEO (search engine optimization). SEO merupakan sebuah strategi yang menggunakan metode untuk meningkatkan frekuensi sebuah website di mesin pencari, seperti Google. Tujuannya adalah untuk meningkatkan volume traffic ke situs Anda. Di SEO ada dua metode populer, yaitu SEO organik dan non-organik.
1. SEO Organik, biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengekseksinya, namun menghasilkan dampak dalam jangka panjang. SEO organik bekerja degan fokus pada pembuatan konten, membangun link, optimaasi meta-tag hingga peningkatan keyword. SEO Organik cenderung dapat menarik 80 persen traffic. Biaya untuk menggunakan strategi ini juga cenderung lebih murah.
2. Sedangkan SEO Non-organik dapat menghasilkan hasil yang lebih cepat dibandingkan SEO organik, namun efeknya kurang efektif dalam jangka panjang. SEO non-organik bekerja dengan cara melibatkan iklan berbayar di mesin pencarian, seperti PPC (pay per click).
Bagi seorang blogger atau pemilik website, trafik pengunjung yang datang menjadi sesuatu yang penting. Inilah salah satu tugas dari seorang jasa SEO atau pun sebuah perusahaan digital agency. Digital agency bisa menerapkan teknik-teknik SEO sesuai keinginan klien dan menjelaskan manfaat dari setiap strategi tersebut. Pada gilirannya, website atau blog klien bisa mengalami peningkatan traffic dan menaikkan tingkat pendapatan penjualan.
ConversionConversion EmoticonEmoticon