Digital Marketing

Di dalam berbisnis online terdapat dua istilah yaitu Internet Marketing dan Digital Marketing. Internet Marketing sendiri adalah pemasaran secara online melalui internet. Sedangkan Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek/produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan secara online. Namun disini saya akan membahas tentang Digital Marketing yang nantinya akan menjadi bahan pengetahuan bagi kita semua. 

Ada beberapa langkah yang harus di lakukan sebelum melakukan digital marketing, diantaranya adalah : 

-         A.  Marketing Research ( Riset Pemasaran )
yaitu kegiatan penelitian untuk mengumpulkan data mengenai produk yang akan di tawarkan dan data mengenai siapa konsumen yang akan dituju.

-          B. Produk Research ( Riset Produk )
yaitu kegiatan untuk mencari produk apa yang banyak diminati oleh konsumen. Untuk di jaman sekarang ini banyak media yang bisa di gunakan untuk melakukan Riset Produk, contoh saja kita dapat mencarinya di Google Keyword Planner ataupun took online. Selain itu yang harus di garis bawahi untuk produk adalah :
a.       Barang Yang Di Tawarkan nantinya bisa Di Ripeat atau Tidak.
b.      Produk Yang DI Tawarkan apakah memiliki kadaluwarsa atau tidak.

-          C. Customer Research ( Riset Konsumen )
yaitu Kegiatan untuk mencari data konsumen/pembeli untuk tercapainya tujuan target pasar. Riset Konsumen berdasarkan :
a.    Usia
b.    Jenis Kelamin
c.    Pendapatan/Jabatan
d.    Pendidikan

-         D. Customer Traffic













Dalam ini customer traffic dapat berupa email marketing, sosial media maupun banner advertising, dll.

Tujuan Digital Marketing adalah untuk mendatangkan pengunjung dan awareness, serta menjadikan traffic itu convert atau menjadi conversion, menghasilkan uang, promosi online. Ada juga tujuan lain dari Digital Marketing adalah merubah customer sekarang menjadi tertarik dan nantinya akan mengikuti anda.

Di dalam Digital Marketing juga kita mengenal istilah “ The Five Things “, Yaitu :

1. Lead Magnet
Lead Magnet adalah suatu strategi yang dibutuhkan dalam digital marketing dengan tujuan meminta informasi pribadi customer berupa alamat e-mail, nomor kontak, dan nama. Ada beberapa macam-macam lead magnet yang biasa dipakai untuk business, diantaranya adalah:
a. free trial download.
b. survey pelanggan.
c. spreadsheet.
d. ebook, dll.

2. Tripwire
Yaitu dimana anda menawarkan jasa atau barang yang mendukung produk utama yang anda sedang anda pasarkan. hal inilah yang bisa disebut sebagai tripwire. Langkah ini sangat dibutuhkan karena tripwire bertujuan untuk mengubah customer subcribes menjadi pembeli dalam melakukan hal tersebut dibutuhkan kepercayaan pelanggan yang kuat karena itu kunci kesuksessan dalam digital marketing.

3. Core Offer
Dalam hal ini core offer anda diharuskan untuk menciptakan suatu solusi yang mendukung produk bisnis anda guna untuk mendapatkan profit yang nantinya bisa menguntungkan anda. 

4. Profit Maximizer  
Setelah mengalami core offer adalah meningkatkan nilai rata-rata transaksi pelanggan.

5. Return Path
Langkah ini sebagai bentuk untuk menjalin komunikasi yang menguntungkan dan strategis yang akan membuat pelanggan membeli produk terus-terusan dengan menawarkan lead magnet, tripwire, dan core offer dari produk anda. Jenis-jenis return path sendiri adalah :
a. Exit Offers.
b. Social media.
b. Chat/Message.
c. Loyalty programs.
d. Ad targeting.
e.  Content market.
f.  Outbound sales Calling.


Sekian mengenai penjelasan tentang Digital Marketing yang saya dapatkan dari pengalaman saya seminar minggu lalu, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan waktunya untuk berusaha dengan menggunakan media internet. 


Oldest